7 Makanan Khas Bandung yang Populer & Wajib Dicoba

Andreas

Makanan Khas Bandung

Bandung, kota yang terkenal dengan keindahan alamnya, juga merupakan surganya bagi para pecinta kuliner. Dari makanan tradisional hingga kuliner modern, Bandung menawarkan berbagai macam hidangan lezat yang menggugah selera.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa Makanan Khas Bandung yang paling populer dan patut untuk Anda coba saat berkunjung ke kota ini.

1. Batagor

Batagor merupakan salah satu makanan ikonik dari Bandung yang tak boleh Anda lewatkan. Singkatan dari “Bakso Tahu Goreng”, hidangan ini terdiri dari bakso ikan yang dibungkus dengan kulit tahu, kemudian digoreng hingga garing.

Batagor disajikan dengan kuah kacang yang gurih dan saus pedas, membuatnya memiliki cita rasa yang kaya dan menggugah selera.

2. Soto Bandung

Soto Bandung adalah varian soto yang berasal dari Bandung dan memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Bedanya dengan soto pada umumnya adalah penggunaan daging sapi yang diiris tipis-tipis dan disajikan dengan kuah yang kaya rasa.

Soto Bandung biasanya disajikan dengan tambahan emping, tomat, daun bawang, dan sambal, memberikan kombinasi rasa yang sempurna.

3. Mie Kocok

Mie Kocok adalah hidangan mie khas Bandung yang terkenal dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan daging sapi yang empuk. Mie yang digunakan dalam hidangan ini biasanya tipis dan lembut, sehingga mudah disantap.

Mie Kocok disajikan dengan tambahan tauge, daun seledri, dan bawang goreng, menambahkan tekstur dan aroma yang khas.

Baca Juga:  Rekomendasi Kuliner Khas Bogor yang Enak & Wajib Dicoba

4. Surabi

Surabi adalah salah satu jajanan tradisional dari Bandung yang terbuat dari adonan tepung terigu dan kelapa parut, kemudian dipanggang atau digoreng.

Surabi memiliki tekstur yang lembut di bagian dalam dan renyah di bagian luar, dan sering disajikan dengan berbagai pilihan topping seperti keju, cokelat, atau kacang. Rasanya yang manis dan gurih membuat surabi menjadi camilan yang cocok untuk dinikmati kapan saja.

5. Colenak

Colenak adalah camilan khas Bandung yang terbuat dari singkong rebus yang dipotong-potong, kemudian dipanggang dan disajikan dengan saus gula merah dan parutan kelapa.

Colenak memiliki cita rasa manis dan legit yang khas, dan sering dijadikan sebagai camilan favorit oleh banyak orang, terutama saat cuaca sedang dingin.

6. Nasi Timbel

Nasi Timbel adalah hidangan khas Sunda yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan disajikan dengan berbagai lauk pauk serta sambal.

Di Bandung, Nasi Timbel sering disajikan dengan ayam goreng, ikan goreng, tahu dan tempe goreng, serta lalapan. Nasi Timbel memiliki aroma khas daun pisang yang memberikan cita rasa yang unik dan lezat.

7. Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo adalah hidangan penutup khas Bandung yang terbuat dari pisang yang dibungkus dengan adonan tepung berwarna hijau, kemudian direbus dan disajikan dengan sirup santan dan es serut.

Baca Juga:  5 Restoran di Bali yang Membuat Pengalaman Makan Malam Anda Ajaib

Es Pisang Ijo memiliki rasa yang manis dan segar, serta tekstur yang lembut dan kenyal. Hidangan ini merupakan pilihan yang sempurna untuk menyegarkan tenggorokan setelah menikmati hidangan khas Bandung lainnya.

Kesimpulan

Bandung tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kelezatan kuliner tradisionalnya. Dari Batagor yang gurih hingga Es Pisang Ijo yang segar, kota ini menawarkan berbagai macam hidangan yang menggugah selera dan patut untuk Anda coba saat berkunjung.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Pusat Oleh Oleh Bandung saat Anda berada di kota ini, dan nikmati pengalaman kuliner yang tak terlupakan!

Tags

Share:

Related Post