7 Kuil Terindah untuk Dikunjungi di Bali

Andreas

7 Kuil Terindah untuk Dikunjungi di Bali

Rumah bagi lebih dari 4.000 pura yang unik, tidak heran jika Bali sering disebut ‘Pulau Dewata’. Sebagian besar candi ini terkait dengan agama Hindu Bali, suatu bentuk agama Hindu yang telah bercampur dengan kepercayaan dan panteon lokal, dan yang merupakan agama utama di pulau itu. Sementara sebagian besar mengunjungi Bali karena iklim tropis dan pantai berpasirnya, banyak yang terkejut dengan kekayaan budaya dan sejarah asli yang hidup di pura-pura di pulau itu. Temukan beberapa candi kuno yang paling indah di Bali.

1. Pura Besakih

Terletak di kaki Gunung Agung yang suci di Bali, dikelilingi oleh hutan tropis yang rimbun dan sawah yang tenang, Pura Besakih adalah keagamaan terpenting di pulau itu. Kompleks candi yang luas ini berisi sekitar 40 candi yang berbeda, dan dinyatakan sebagai Warisan Dunia pada tahun 1995. Pura Besakih adalah candi aktif dengan pengikut setia, dan pengunjung diminta untuk berpakaian sopan atau menutupi dengan sarung (pinggang). kain) untuk menghormati adat istiadat setempat.

2. Pura Ulun Danu Beratan

Salah satu pemandangan Bali yang paling banyak difoto, Pura Danu Beratan (juga dieja Bratan) adalah pura yang tenang di Danau Bratan yang didedikasikan untuk dewi danau, sungai dan irigasi Bali-Hindu, Dewi Danu. Ketika permukaan air danau naik, candi tampak mengambang di atas air, sehingga mendapat julukan ‘Kuil Terapung’. Menara utama di Pura Danu Beratan didedikasikan untuk Siwa, Sang Penghancur, dan permaisurinya Parvati. Jika cuaca memungkinkan, pengunjung dapat berkeliling danau dan melihat kuil dengan perahu.

Baca Juga:  Mengungkap Pesona Danau Cimpago: Destinasi Tersembunyi dengan Rute Lokasi yang Menarik dan Fasilitas yang Memukau

3. Pura Ulun Dana Baturo

Kompleks candi suci ini didedikasikan untuk Wisnu, dewa perlindungan Hindu, dan dewi air lokal Bali, Dewi Danu. Pura Ulun Dana Batur didirikan sekitar 400 tahun yang lalu, dan kuil 11 tingkat utama kuil, yang didedikasikan untuk dewa Siwa dan Parwati, selamat dari beberapa letusan gunung berapi dari Gunung Batur di dekatnya. Saat ini kompleks tersebut berisi sembilan pura utama dan lusinan tempat pemujaan yang didedikasikan untuk aspek budaya tradisional Bali, termasuk pertanian, seni, dan kerajinan tangan. Pura Ulun Dana Batur membutuhkan sumbangan kecil untuk memasuki pekarangan.

4. Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun adalah kompleks pura yang terkenal dengan tamannya yang indah dan arsitektur tradisional Bali, dan merupakan pura utama di Mengwi. Kuil ini pertama kali dibangun pada tahun 1634, dan banyak aspek dari kompleks tersebut sengaja dipinjam dari estetika klasik Tiongkok dan desain taman, dari kolam yang indah hingga relief yang diukir dengan rumit. Nama ‘Pura Taman Ayun’ berarti ‘Kuil Taman yang Indah’, dan gelar tersebut diterima dengan baik, memanfaatkan fitur air yang elegan, kanal dan kehidupan tanaman.

5. Pura Luhur Batukaru

Pura Luhur Batukaru adalah kompleks candi Hindu kuno yang dikelilingi oleh lereng berhutan lebat Gunung Batukaru, gunung suci di jantung pulau. Kuil terpenting di dalam kuil ini adalah menara tujuh tingkat yang didedikasikan untuk Mahadewa, dewa gunung terdekat. Pura Luhur Batukaru masih sangat penting bagi masyarakat Bali setempat, yang menggunakan air sucinya untuk upacara dan kunjungan selama festival untuk menawarkan sumbangan, terima kasih, dan untuk memberikan penghormatan.

Baca Juga:  7 Tempat Wisata Paling Hits di Kyoto, Jepang

6. Pura Goa Lawah ( Pura Gua Kelelawar )

Tempat suci bagian dalam Pura Goa Lawah, yang berarti ‘Kuil Gua Kelelawar’, dibangun di pintu masuk gua dan rumah bagi koloni besar kelelawar, begitulah namanya. Terletak di pantai dekat Pulau Penida, Pura Goa Lawah adalah salah satu dari sembilan pura yang dipercaya melindungi pulau dari kemalangan. Kuil utama di sini didedikasikan untuk Siwa, dan motif kelelawar emas dan Naga Basuki, naga mitos yang dipercaya menjaga keseimbangan alam semesta, menghiasi kompleks ini.

7. Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati juga dikenal sebagai Istana Air Ubud, atau hanya ‘Pura Saraswati’. Pura Bali yang elegan ini didedikasikan untuk Saraswati, dewi pengetahuan, sastra, dan seni. Kuil ini terkenal dengan kolam teratai yang indah dan taman air yang mengelilingi kompleks. Di dalam kompleks candi, ukiran dan patung yang rumit menghiasi berbagai tempat pemujaan yang didedikasikan untuk dewa-dewa suci Bali dan Hindu. Pura Saraswati terletak di jantung Ubud dan merupakan simbol kota.

Bali adalah sebuah pulau di Indonesia dengan sejarah dan budaya yang terpisah dan berbeda dari negara lain. Negara ini adalah rumah bagi kuil-kuil kuno yang indah dan budaya asli yang menarik yang menyenangkan untuk dijelajahi. Jelajahi pura dan tempat suci terbaik di Bali dan pelajari tentang tradisi, kepercayaan, dan adat istiadat yang membentuknya.

Baca Juga:  Palmyra di Hawaii, Pulau Termahal di Dunia yang Penuh Keajaiban dan Misteri

Tags

Share:

Related Post