Kenali Digital Marketing, Strategi Pemasaran Bisnis Anda

Andreas

Kenali Digital Marketing, Strategi Pemasaran Bisnis Anda

Saat ini, teknologi digital berkembang pesat. Maka tak heran jika banyak sekali aktivitas kita yang berbasis digital, termasuk dalam mengelola bisnis. Jika kita membandingkan bisnis saat ini dengan masa lalu, tentu sangat berbeda bukan?

Di masa lalu, pelanggan pasti akan datang langsung ke toko untuk berbelanja. Selain itu, pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha juga harus menggunakan media fisik (offline), misalnya seperti spanduk, brosur, dan katalog. Kini pelanggan bisa langsung memesan produk Anda secara online dan Anda juga bisa melakukan pemasaran dan menjangkau lebih banyak calon pelanggan melalui strategi digital marketing.

Lantas, apa perbedaan antara digital marketing dengan strategi marketing biasa dan bagaimana cara mengoptimalkannya untuk meningkatkan omzet penjualan? Pelajari selengkapnya melalui penjelasan berikut!

Pemasaran Digital, Tips Bisnis Berekspansi Melalui Internet

Sesuai dengan namanya, digital marketing atau dikenal juga dengan istilah pemasaran online adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan di internet. Pelaku usaha akan memanfaatkan kanal digital, mulai dari email, search engine, media sosial, dan berbagai website. Strategi ini dilakukan agar sebuah bisnis dapat terhubung dengan target pelanggan. Dalam strategi pemasaran digital, Anda juga perlu mengoptimalkan cara Anda berkomunikasi melalui pesan teks atau pesan multimedia.

Apa Keuntungan Menggunakan Pemasaran Digital?

Digital marketing kini menjadi salah satu strategi pemasaran yang populer di kalangan pebisnis, mulai dari skala UMKM hingga enterprise. Karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, strategi pemasaran ini dilakukan secara online di internet. Berdasarkan data Hootsuite yang dilansir dari tekno.kompas.com, jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 telah mencapai 202 juta sehingga terdapat 73,7% penduduk Indonesia yang menggunakan internet. Tentu ini memiliki potensi yang besar bukan? Selain itu, digital marketing juga memberikan keuntungan sebagai berikut.

Baca Juga:  Bisakah Saya Membeli Rumah?

1. Dapat Diakses Melalui Perangkat Seluler

Apakah Anda tahu? Dari total pengguna internet di Indonesia, 96,4% menggunakan ponsel untuk mengakses internet, baik melalui koneksi seluler maupun WiFi. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan pemasaran digital, Anda dapat lebih mudah menjangkau calon pelanggan yang menggunakan internet di ponsel mereka.

2. Bisa Lebih Fleksibel

Setelah Anda mempelajari dan menerapkan digital marketing, secara tidak langsung Anda telah memperluas pengetahuan dan pengalaman Anda di bidang pemasaran. Apalagi ada berbagai strategi pemasaran, seperti pemasaran email, pemasaran konten, dan iklan spanduk. Semakin banyak jenis pemasaran yang Anda pelajari, semakin besar peluang Anda untuk mempersiapkan strategi pemasaran yang efektif.

3. Biaya Terjangkau

Siapa bilang sebuah strategi pemasaran harus membutuhkan modal yang besar? Melalui pemasaran digital, Anda dapat menghemat anggaran pemasaran sekaligus mendapatkan hasil yang memuaskan. Soalnya, biaya pemasaran bervariasi dan ditentukan oleh cara Anda beriklan.

4. Peluang untuk Ekspansi

Aktivitas belanja online saat ini sudah menjadi salah satu kecenderungan banyak pelanggan. Nah, melalui digital marketing, Anda bisa memanfaatkan situasi ini untuk menjangkau calon pelanggan. Selain membuat merek Anda lebih dikenal, pemasaran yang dilakukan di Internet juga dapat meningkatkan penjualan.

5. Tingkatkan Interaksi dengan Audiens

Anda bisa menghadirkan digital marketing melalui berbagai jenis konten, antara lain foto, klip video, dan audio. Selain menarik, konten yang Anda posting juga bisa menjadi media komunikasi dengan pelanggan, misalnya melalui review, komentar, atau pesan. Interaksi ini juga akan membantu Anda mengidentifikasi preferensi pelanggan.

Baca Juga:  Cara Mendirikan Bisnis Konstruksi

6. Hasil Dapat Dipantau

Ternyata, digital marketing tidak hanya memudahkan Anda dalam berinteraksi dengan pelanggan, tetapi juga untuk memantau hasil pemasaran sebagai bahan evaluasi. Soalnya, Anda bisa lihat sendiri bagaimana hasil dari iklan yang Anda posting. Jadi, kedepannya Anda bisa menggunakan strategi pemasaran yang paling efektif.

Tingkatkan Penjualan Melalui Pemasaran Digital

Pemasaran digital memang memberikan banyak manfaat untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun, pastikan Anda juga bisa mengoptimalkan strategi yang satu ini. Yuk, cari tahu apa saja tips menerapkan digital marketing!

1. Kembangkan Situs Web yang Menarik

Untuk meningkatkan strategi pemasaran digital Anda, Anda benar-benar harus menggunakan media sosial. Namun, website bisnis Anda tidak kalah pentingnya. Jangan sampai, Anda hanya fokus pada media sosial tanpa memperhatikan website Anda. Situs web bisnis perlu menyediakan informasi yang terkait dengan produk dan layanan Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakan situs web untuk melihat pesan dari pengunjung. Jadi, pastikan untuk selalu memberikan informasi terupdate di website!

2. Optimalkan SEO Lokal

Tahukah Anda bahwa kebanyakan orang menggunakan ponsel daripada laptop atau komputer untuk berselancar di internet? Selain itu, pengguna internet juga cenderung mencari bisnis yang paling dekat dengan tempatnya. Tidak heran jika mesin pencari Google cenderung memilih website yang bisa mengoptimalkan pencarian lokal. Jadi, pastikan Anda juga menggunakan kata kunci website yang berhubungan dengan lokasi Anda.

Baca Juga:  FHA vs Pinjaman Konvensional

3. Fokus pada SEO

Salah satu trik paling populer dalam pemasaran digital adalah Search Engine Optimization (SEO). SEO memainkan peran penting dalam meningkatkan lalu lintas situs web Anda secara organik. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika menggunakan SEO, misalnya seperti menemukan kata kunci yang tepat untuk bisnis Anda dan mencari referensi di situs web Anda dari tautan eksternal atau tautan internal. Dan tentunya jangan lupa juga untuk memanfaatkan media sosial agar traffic website Anda bisa meningkat.

4. Berinteraksi melalui media sosial

Bisa dibilang, pemasaran melalui media sosial kini menjadi salah satu prioritas para pelaku usaha. Namun, perlu diingat bahwa mengoptimalkan media sosial bukan hanya tentang mengelola akun bisnis di berbagai platform media sosial. Sebaliknya, Anda harus meningkatkan interaksi Anda dengan audiens target Anda.

5. Email Promosi Singkat

Promosi melalui email juga sering digunakan oleh para pelaku usaha. Soalnya, cara ini tidak hanya terjangkau, tapi juga mudah menjangkau pelanggan. Namun, agar pemasaran email bekerja secara efektif, Anda harus mempertimbangkan bagaimana email Anda akan muncul di perangkat seluler. Terlebih lagi, saat ini sebagian besar email dibuka melalui ponsel, terutama saat audiens Anda jauh dari rumah.

Pemasaran digital adalah peluang bagus bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda. Anda dapat mulai mempelajari pemasaran digital secara praktis.

Tags

Share:

Related Post