6 Cara Meningkatkan Pelanggan Bisnis Percetakan

Andreas

6 Cara Meningkatkan Pelanggan Bisnis Percetakan

Seperti yang kita ketahui, bisnis percetakan memang menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan di bidang jasa. Apalagi bisnis ini dapat menyediakan berbagai macam cetakan yang dibutuhkan oleh pelanggan. Namun, bukan berarti bisnis percetakan tidak memiliki tantangan. Apalagi karena bisnis percetakan memiliki banyak potensi, tentunya peminatnya tidak sedikit.

Lantas, apa yang perlu dilakukan pelaku usaha percetakan untuk menghadapi persaingan? Tentu saja, Anda harus tetap optimis dan fokus mencari cara agar Anda bisa menjaga hubungan dengan pelanggan sekaligus menarik perhatian calon pelanggan. Yuk, pelajari 6 tips berikut agar bisnis percetakan Anda mendapat pesanan lebih banyak.

1. Layanan Pencetakan Jumlah Kecil

Tak jarang, pengguna jasa bisnis percetakan tidak melakukan pemesanan dalam jumlah banyak. Jadi, Anda juga perlu menyesuaikan sistem bisnis Anda dengan kecenderungan mereka. Sebab, jika Anda terus menerima pesanan dalam jumlah kecil tetapi Anda tidak menyediakan jasa percetakan dalam jumlah kecil, bisa jadi biaya produksi Anda akan meningkat.

2. Berbagai Jenis Kertas

Di tengah persaingan bisnis, hal apa saja yang perlu Anda lakukan agar bisnis Anda tetap memiliki pelanggan setia? Satu hal yang dapat Anda berikan selain dari jasa percetakan dalam jumlah kecil adalah berbagai pilihan kertas yang dibutuhkan pelanggan. Apalagi pelanggan Anda tentunya menginginkan hasil cetak yang mereka pesan memuaskan. Dan sebagai penyedia layanan, Anda dapat membantu mereka menyediakan berbagai bahan kertas, seperti kertas tahan air, kertas kado khusus, dan amplop perusahaan.

Baca Juga:  5 Hal yang Membuat Orang Menyukai Sebuah Merek Bisnis

3. Jadikan Bisnis Anda Lebih Efisien

Jika Anda ingin bisnis percetakan Anda semakin maju, maka menghadirkan berbagai layanan percetakan saja tidak cukup. Anda juga harus membuat manajemen bisnis lebih efisien. Jika selama ini Anda mencatat transaksi secara manual, kini saatnya menghadirkan solusi bisnis terintegrasi dari Cashlez. Melalui Cashlez, Anda dapat menerima berbagai pilihan transaksi pembayaran dari pelanggan, seperti kartu debit/kredit, QRIS, Virtual Account, cicilan, dan lain sebagainya. Semua transaksi akan otomatis tercatat di dashboard penjualan.

4. Sering Melakukan Promosi

Tanpa adanya faktor-faktor yang membuat calon pelanggan tertarik, tentunya Anda akan kesulitan untuk mendapatkan pelanggan. Jadi, mulailah melakukan promosi pada jasa percetakan yang Anda berikan, misalnya untuk pesanan dalam jumlah besar. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memberikan layanan konsultasi desain gratis sebelum desain dicetak. Apapun jenis promosi yang Anda berikan, pastikan jenis promosi itulah yang akan membantu pelanggan Anda!

5. Melakukan Kemitraan Dengan Pelaku Bisnis Lain

Apa hubungan kemitraan dengan peningkatan jumlah pelanggan? Tentu saja, keduanya saling mempengaruhi. Ketika Anda berkolaborasi dengan pemilik bisnis lain, bisnis percetakan Anda juga akan dikenal oleh audiens bisnis. Di sisi lain, mitra Anda juga dapat memperkenalkan bisnis mereka kepada pelanggan Anda. Nah, kerjasama ini bisa dilakukan di berbagai kesempatan, mulai dari pembukaan cabang toko hingga launching produk baru.

Baca Juga:  Asuransi Hipotek FHA

6. Cari Tambahan Modal untuk Ekspansi

Seorang pemilik bisnis yang ingin meningkatkan jumlah pelanggan harus memiliki kemauan untuk berani berubah. Hal ini dapat dilakukan dengan menambah modal untuk berekspansi. Anda kemudian dapat menggunakan modal ini untuk meningkatkan pengadaan peralatan percetakan, meningkatkan promosi, dan lain sebagainya. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tambahan modal. Nah, bagi kamu yang sudah menjadi merchant Cashlez, kamu juga berkesempatan mengakses pendanaan melalui KoinWorks.

Pesaing bukanlah sesuatu yang bisa Anda hindari dalam menjalankan bisnis. Meski begitu, pastikan untuk tidak mudah menyerah dan selalu berusaha untuk meningkatkan layanan yang Anda berikan!

Tags

Share:

Related Post