Cara Mengatasi Cegukan Terus Menerus Tanpa Berhenti

Andreas

Cegukan adalah refleks tiba-tiba dan tidak sukarela yang terjadi ketika diafragma dan otot-otot pernapasan lainnya berkontraksi secara mendadak, diikuti dengan penutupan cepat pita suara, yang menghasilkan suara khas “hic”.

Biasanya cegukan bersifat sementara dan tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi mengganggu jika berlangsung lama atau terjadi dengan frekuensi tinggi.

Cegukan sering kali disebabkan oleh peregangan perut setelah makan atau minum, perubahan suhu tiba-tiba, atau kegembiraan emosional.

Cara Mengatasi Cegukan Terus Menerus

Meski biasanya hanya berlangsung beberapa menit, cegukan yang terus-menerus bisa sangat mengganggu. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi cegukan yang tampaknya tidak berhenti:

1. Teknik Pernapasan

Mengubah pola pernapasan Anda dapat membantu mengendalikan cegukan. Cobalah bernapas perlahan dan dalam, tahan napas Anda selama 10 detik, kemudian hembuskan perlahan. Ulangi beberapa kali.

2. Minum Air Dingin

Minum segelas air dingin dengan cepat dapat merangsang saraf yang berperan dalam cegukan dan membantu menghentikannya. Beberapa orang menemukan bahwa minum air dari sisi gelas yang jauh dari mereka saat mereka condong ke depan dapat lebih efektif.

3. Menelan Gula

Sejumput gula yang diletakkan di belakang lidah dapat mengirim sinyal ke saraf yang menenangkan refleks cegukan. Gula granulasi bekerja dengan cara merangsang kerongkongan dan menenangkan saraf yang terlibat dalam cegukan.

4. Teknik Menahan Napas

Menahan napas Anda dan menghitung hingga 10 atau 20 dapat sering kali menenangkan diafragma dan menghentikan cegukan.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Cepat

5. Minum Air dengan Sedotan

Cobalah untuk minum air dengan sedotan sambil menutup kedua telinga Anda. Tekanan tambahan ini dapat membantu mereset saraf diafragma.

6. Makan Sesuatu yang Manis atau Asam

Makan sesuatu yang manis seperti madu atau sesuatu yang asam seperti irisan lemon dapat mengganggu siklus cegukan Anda dan menyebabkannya berhenti.

7. Kompres Hangat

Meletakkan kompres hangat di atas diafragma Anda dapat membantu merilekskan otot area tersebut dan menghentikan cegukan.

8. Hiperventilasi

Bernapas cepat dan dangkal dapat meningkatkan kadar karbon dioksida dalam darah dan menghentikan cegukan.

9. Pelukan atau Kaget

Beberapa orang menemukan bahwa mendapatkan pelukan yang mengejutkan atau kaget dapat menghentikan cegukan mereka, meskipun ini mungkin tidak selalu praktis atau disukai.

10. Posisi Kepala Tertentu

Membungkuk ke depan dan menempatkan kepala di antara lutut juga dapat membantu menghentikan cegukan.

Jika cegukan Anda tidak kunjung berhenti setelah mencoba berbagai metode ini, atau jika mereka berlangsung lebih dari 48 jam, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Cegukan yang terus-menerus bisa menjadi tanda kondisi medis yang lebih serius. Dokter Anda mungkin akan menyarankan pengobatan yang lebih spesifik atau melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan penyebabnya.

Tags

Share:

Related Post