Candi Cetho: Menemukan Keindahan Sejarah Jawa di Puncak Gunung Lawu

Andreas

Candi Cetho: Menemukan Keindahan Sejarah Jawa di Puncak Gunung Lawu

Jawa Tengah, Indonesia, adalah destinasi yang sempurna bagi pecinta sejarah dan keindahan alam. Salah satu tempat yang harus dikunjungi adalah Candi Cetho, sebuah kompleks candi yang menakjubkan yang terletak di lereng Gunung Lawu.

Candi Cetho menawarkan pesona arsitektur kuno, keindahan alam yang menakjubkan, dan kehadiran spiritual yang memikat. Mari kita jelajahi daya tariknya, rute lokasinya, dan fasilitas yang tersedia.

Daya Tarik Candi Cetho

1. Keindahan Arsitektur

Candi Cetho, yang dibangun pada abad ke-15, menampilkan keajaiban arsitektur klasik Jawa. Kompleks ini terdiri dari berbagai candi, prasasti, dan pelataran yang mengesankan. Desainnya terpengaruh oleh agama Hindu-Buddha, dengan banyak relief yang menggambarkan kisah epik dan ajaran spiritual.

2. Lokasi yang Memukau

Terletak di ketinggian sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut, Candi Cetho menawarkan pemandangan indah pegunungan dan hutan yang melingkupinya. Udara segar dan sejuk membuat kunjungan ke candi ini menjadi pengalaman yang menyegarkan dan menenangkan.

3. Pura Kembar

Salah satu daya tarik utama Candi Cetho adalah keberadaan Pura Kembar, yaitu Pura Dalem Cetho dan Pura Puncak Sari. Pura Dalem Cetho adalah tempat pemujaan bagi Dewa Siwa, sedangkan Pura Puncak Sari didedikasikan untuk Dewi Durga. Keberadaan pura-pura ini menambahkan keindahan spiritual dan keagungan candi ini.

4. Nuansa Mistis dan Kepercayaan Lokal

Candi Cetho terkenal sebagai tempat yang sarat dengan kepercayaan dan tradisi lokal. Banyak orang datang ke sini untuk bersembahyang, memohon berkah, atau merenung.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Pulau Menakjubkan di Indonesia

Nuansa mistis dan kehadiran para biksu memberikan pengalaman ketenangan dan kesakralan kepada para pengunjung di dalam kompleks candi ini.

Rute Lokasi Candi Cetho

Untuk mencapai Candi Cetho, terdapat beberapa rute yang dapat diikuti:

1. Melalui Solo

Dari Kota Solo, Anda dapat mengambil rute Solo-Tawangmangu. Setelah tiba di Tawangmangu, lanjutkan perjalanan ke Candi Cetho dengan mobil atau ojek. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.

2. Melalui Surakarta

Dari Surakarta, ikuti rute Surakarta-Tawangmangu. Setelah mencapai Tawangmangu, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Candi Cetho dengan mobil atau ojek. Jaraknya sekitar 45 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam.

4. Melalui Yogyakarta

Jika Anda berada di Yogyakarta, Anda dapat mengambil rute Yogyakarta-Surakarta, kemudian melanjutkan perjalanan ke Tawangmangu dan akhirnya mencapai Candi Cetho.

Fasilitas yang Tersedia

1. Area Parkir

Candi Cetho menyediakan area parkir yang cukup luas untuk kendaraan pribadi maupun umum. Pengunjung dapat dengan mudah memarkir mobil atau sepeda motor mereka dengan aman.

2. Warung Makan

Di sekitar Candi Cetho terdapat beberapa warung makan yang menyajikan hidangan lokal. Pengunjung dapat menikmati hidangan lezat khas Jawa Tengah sebelum atau setelah menjelajahi kompleks candi.

3. Toilet dan Area Istirahat

Fasilitas toilet tersedia di sekitar Candi Cetho untuk kenyamanan pengunjung. Selain itu, terdapat juga beberapa area istirahat yang memungkinkan pengunjung untuk bersantai sejenak.

Baca Juga:  7 Kuil Terindah untuk Dikunjungi di Bali

4. Pemandu Wisata

Jika Anda ingin mendapatkan penjelasan yang lebih mendalam tentang sejarah dan kebudayaan Candi Cetho, tersedia pemandu wisata yang dapat Anda sewa di tempat tersebut. Mereka akan membantu Anda menjelajahi candi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang Anda miliki.

Candi Cetho adalah tempat yang luar biasa untuk menggali sejarah dan mengalami keindahan alam yang mempesona. Dengan arsitektur yang menakjubkan, nuansa spiritual yang memikat, dan pemandangan alam yang menakjubkan, Candi Cetho menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Candi Cetho saat Anda berada di Jawa Tengah.

Tags

Share:

Related Post